Tips Cerdas Menggunakan Kartu Debit

Tips Cerdas Menggunakan Kartu Debit - Setelah sebelumnya saya telah share tentang Bank Mandiri Bank Terbaik Indonesia, kini saya kembali memberikan sajian kepada anda tentang Tips Cerdas Menggunakan Kartu Debit.

Kartu debit memang memiliki keuntungannya tersendiri. Anda tidak harus takut akan memiliki tunggakan hutang di akhir bulan, karena tidak seperti kartu kredit. Sebab, Anda mengambil uang yang sesuai dengan saldo di bank. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini untuk menggunakan kartu debit secara cerdas dan menghindari pembayaran berlebih, seperti dikutip dari eHow.

1. Cek Saldo Rekening Anda
Sebelum menarik atau menggunakan kartu debit Anda, sebaiknya selalu cek saldo terlebih dulu. Jika Saldo tidak cukup, bank akan menarik biaya tambahan di luar dari jumlah pemakaian Anda. Bukalah akun web bank Anda untuk mempermudah mengecek saldo rekening melalui internet.

2. Selalu Ingat Nomor PIN Anda
Personal Identification Number atau yang dikenal dengan PIN adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Jangan menuliskan PIN Anda di kertas, handphone, atau di mana pun. Simpan nomor PIN Anda di dalam ingatan dan jangan pergunakan tanggal lahir sebagai nomor PIN.

3. Blokir Langsung Kartu yang Hilang
Akan lebih sulit untuk melacak penggunaan kartu debit karena uang yang digunakan sudah ada di akun Anda. Jadi, segeralah telepon bank dan blokirlah kartu Anda langsung saat Anda menyadari bahwa kartu debit telah hilang.

4. Simpan di Tempat yang Aman
Perlakukan kartu debit Anda seperti uang tunai. Meninggalkan uang tunai sebesar Rp 10 juta di atas meja begitu saja, bukanlah ide yang bagus dan hal ini sama seperti jika Anda meninggalkan kartu debit di sembarang tempat.

5. Hancurkan Kartu Lama
Inilah yang paling sering lalai dilakukan oleh para pengguna kartu debit. Selain hanya memenuhi dompet Anda dengan kartu yang tidak dapat dipakai lagi, kartu debit yang sudah tidak dapat digunakan lagi dapat menghambat proses pembayaran karena Anda harus memberikan kartu yang berbeda berkali-kali.